Cara Memperbaiki Slot Flashdisk Yang Tidak Terbaca?

Cara Memperbaiki Slot Flashdisk Yang Tidak Terbaca
5 Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca, Jangan Panik VIVA – Cara mengatasi tidak terbaca tentu membuat pemilik panik ketika sedang diperlukan. Terlebih ketika data yang sedang dibutuhkan itu sangatlah penting, tak jarang membuat pemilik panik dan geger sendiri dibuatnya. Flashdisk paling sering digunakan para mahasiswa dalam mengumpulkan beberapa keperluan data, baik untuk mengumpulkan hingga mencetak tugas. Alat penyimpanan data ini memiliki ukuran rata-rata yang kecil. Meskipun ukurannya yang kecil, flashdisk nyatanya mampu menyimpan banyak data di dalamnya.

  1. Sayangnya, flashdisk ini sering mudah terkena berbagai macam virus yang bisa datang dari Anda atau orang lain.
  2. Sehingga tak jarang membuat flashdisk jadi rusak dan membuat beberapa data hilang dengan begitu saja.
  3. Lebih parahnya lagi, ketika mendapati flashdisk tidak bisa terbuka padahal banyak tersimpan file-file penting di dalamnya.

Tentu saja hal ini bikin kesal dan panik tiba-tiba. Kasus seperti ini sering kali terjadi pada kalangan mahasiswa yang sedang sibuk mengumpulkan data untuk tugas maupun skripsi. Nah, jika kasus seperti ini terjadi pada flashdisk Anda, jangan panik dan tetaplah tenang cobalah untuk ikuti beberapa tidak terbaca berikut ini.

  • Nah berikut ini terdapat cara mengatasi flashdisk tidak terbaca yang bisa kamu praktikkan.
  • 1. Cek Port Flashdisk di Laptop

Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca salah satunya dengan mengecek port flashdisk pada laptop Anda. Jika kamu mendapati flashdisk tidak terbaca, biasanya ada masalah yang terjadi pada port USB Anda. Cara mengatasinya sebenarnya mudah, cukup menghubungkan flashdisk ke port USB lain yang ada pada laptop atau dengan menghubungkan flashdisk dengan komputer lain. Langkah kedua yang bisa digunakan untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca yaitu dengan menggunakan computer management. Jika langkah sebelumnya telum juga berhasil, Anda bisa menggunakan cara ini. Gunakan aplikasi computer management, caranya sangat mudah dan cepat.

Cukup menekan kotak pencarian dan ketik computer management, kemudian tekan enter. Kemudian, pilih Disk Management dan klik kanan pada flashdisk. Klik Change Drive Letter and Paths. Setelah itu akan muncul pilihan baru Assign the following drive letter. Lalu pilih huruf yang tertera pada menu dropdon di sebelah kanan, kemudian tekan Ok.3.

Gunakan Tools HDD Low Level Format Cara mengatasi flashdisk tidak terbaca selanjutnya yaitu dengan menggunakan tools HDD Low Level Format. Format ini bisa dengan mudah untuk mengatasi flashdisk yang rusak ataupun tidak terbaca sama sekali. Cara satu ini sebenarnya cara yang paling ekstrem untuk digunakan.

  1. – Colok flashdisk di komputer atau laptop
  2. – Kemudian download software bernama HDDGURU Low Level Format
  3. – Install program tersebut kemudian “Run As Administrator” bagi Windows Vista/7/8
  4. – Pilih USB, kemudian klik opsi Continue
  5. – Setelah proses cara memperbaiki flashdisk yang rusak ini selesai, kamu bisa melakukan format ulang flashdisk dengan cara format seperti biasanya.
  6. 4. Gunakan Device Manager

Cara satu ini bisa digunakan untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca. Cara ini dapat dilakukan jika laptop Anda dapat membaca flashdisk, namun filenya tidak terbaca. Untuk menggunakannya pun sangat mudah, pertama cara Device Manager pada menu pencarian yang ada pada Windows atau dengan menekan ‘Windows + X’ dan pilih Device Manager. Cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca terakhir adalah dengan menginstall ulang pengontrol USB. Cara ini dapat dilakukan jika port USB bermasalah atau rusak. Caranya pun sangat mudah diikuti. Pertama-tama, tekan logo Windows dan ketik Device Manager.

Kenapa flash disk tidak terbaca?

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca – Flashdisk (Image by moritz320 from Pixabay) 4. Motherboard pada Komputer Terkadang yang menjadi penyebab flashdisk tidak terbaca, biasanya karena motherboard pada komputer. Maka dengan di-boot ulang sepenuhnya, kemungkinan flashdisk Anda bisa terbaca.

  • Untuk melakukan ini cara ini, Anda harus mematikan komputer dan mencabutnya.
  • Ini akan mencegah motherboard mendapatkan daya siaga apa pun, lalu biarkan selama beberapa menit dan sambungkan kembali komputer, kemudian nyalakan kembali.
  • Lihat apakah drive USB Anda dapat terbaca, jikalau tidak mungkin perlu memperbarui driver USB atau memformat ulang drive USB.5.

Port USB Kotor Penyebab flashdisk tidak terbaca dan sering terjadi, biasanya karena port USB atau konektor pada flashdisk kotor. Penyebab seperti ini rentan terjadi ketika kamu memiliki kebiasaan meletakkan flashdisk, laptop, serta PC di tempat kotor, hingga akhirnya port USB atau konektor tersebut kemasukan debu.

  1. Debu yang menutupi konektor, akan memengaruhi kinerja dari flashdisk dan justru membuatnya sulit terbaca oleh sistem PC atau laptop.6.
  2. Mencabut Flashdisk tanpa Eject Ketika Anda sering menggunakan USB pada laptop atau komputer, dan memiliki kebiasaan untuk mencabut flashdisk tanpa melakukan eject terlebih dahulu maka dapat membuat flashdisk mengalami gangguan dan sulit terbaca.
You might be interested:  Where Is Ram Slot In Laptop?

Padahal, kebiasaan mencabut flashdisk tanpa melakukan eject atau removable disk terlebih dapat menjadi salah satu penyebab flashdisk tidak terbaca.

Apa penyebab flashdisk corrupt?

Cara Memperbaiki Flashdisk yang File-nya Corrupt | ASANI Blog Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan yang relatif kecil dan mudah dibawa ke mana-mana. Media penyimpanan ini juga masih banyak digunakan orang untuk menyimpan maupun transfer file karena praktis.

Awalnya, flashdisk memang memiliki kapasitas kecil, tapi seiring berkembangnya teknologi, kapasitas flashdisk sudah semakin besar. Harga yang ditawarkan juga lebih terjangkau dibandingkan harga ketika awal muncul. Meskipun praktis dan mudah dibawa ke mana pun, flashdisk juga masih rawan mengalami masalah.

Masalah yang sering dijumpai di antaranya adalah flashdisk terserang virus dan membuat file disembunyikan virus, flashdisk tidak bisa di-format, flashdisk corrupt, dan lainnya. Masalah flashdisk yang corrupt ada beberapa penyebab, di antaranya adalah proses eject yang tak sempurna, sering meletakkan flashdisk di dekat benda yang memiliki gelombang magnet, atau terserang virus.

  • Ada file atau folder aneh ketika Anda membuka flashdisk
  • File atau folder aneh tersebut tidak bisa dibuka
  • Ukuran file atau folder aneh itu lebih besar daripada kapasitas yang tersedia.

Lalu, bagaimana cara mengatasi flashdisk yang corrupt ? Berikut adalah cara memperbaiki file corrupt di flashdisk berdasarkan penyebabnya:

Apakah flash disk rusak jika terkena air?

Cara Memperbaiki Flashdisk yang Terkena Air – Flashdisk (Image by Eugen Visan from Pixabay) Masalah flashdisk terkena air merupakan salah satu masalah yang sangat sering terjadi. Namun, cara memperbaiki flashdisk yang terkena air tentunya berbeda dengan cara-cara sebelumnya.

  1. Amu tidak perlu panik akan kemungkinan flashdisk sudah rusak total dan file-file yang tersimpan di dalamnya akan hilang, karena flashdisk yang terkena air tetap bisa diselamatkan.1.
  2. Hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik dan tetap tenang.
  3. Biasanya hal ini terjadi karena flashdisk terjatuh ataupun masih tersimpan di saku celana saat mencucinya.2.

Setelah menemukan flashdiskmu terkena air, kamu harus segera mengeringkannya. Mengeringkan flashdisk bisa dengan cara menjemurnya sampai kering. Dengan begitu, flashdisk akan terhindar dari korslet. Bahkan hal ini juga bisa dilakukan pada alat-alat elektronik lainnya.

Hanya dengan menunggu flashdisk sampai benar-benar kering, kamu bisa menggunakannya kembali dengan normal. Namun pastikan kamu tidak menggunakannya sampai kondisi flashdisk benar-benar kering. Keringkan Flashdisk Selama flashdisk masih dalam keadaan basah, kamu tidak boleh mencolokkannya ke komputer atau laptop.

Bila kamu menggunakannya, maka flashdisk akan rentan korslet dan akan mengalami kerusakan karena arus listrik. Kamu harus bersabar menunggu sampai flashdisk benar-benar kering. Setelah flashdisk benar-benar kering, baru kamu bisa mengetesnya ke komputer atau laptop.

Berapa lama flashdisk bisa bertahan?

3 Tips untuk Memperpanjang Umur Flashdisk dok: jalantikus.com Liputan6.com, Bandung – Sekalipun media penyimpanan file kian banyak dan sudah berbasis daring seperti Dropbox, peran masih tak tergantikan. Flashdisk bisa dibilang telah menjadi kebutuhan hampir seluruh pengguna perangkat komputer di berbagai kalangan.

  1. Bentuknya yang kecil dan kapasitasnya yang besar-bahkan tersedia hingga 1 Terabyte-menjadikan flashdisk sebagai media penyimpanan favorit.
  2. Terlebih, harganya makin bersahabat.
  3. Namun, media penyimpanan ini relatif lebih cepat rusak ketimbang harddisk atau media lainnya.
  4. Penyebabnya beragam.
  5. Arena itu, supaya umur kamu lebih panjang, lakukan 3 tips berikut ini: Copot dengan Benar Selalu gunakan fitur pencopotan aman yang disediakan oleh komputer-mayoritas disediakan oleh Windows-yaitu “Safely Remove Hardware” dan hindari pencopotan secara langsung ketika flashdisk sedang dalam proses membaca ( read ) atau menulis ( write ).

Hindari mengedit file langsung dari flashdisk Flashdisk mempunyai umur yang cukup lama, antara 10.000 hingga 100.000 proses membaca dan menulis. Jadi, untuk memperpanjang umur ini, hindari mengedit file langsung dari flashdisk, Sebaiknya, salin file ke komputer untuk diedit, dan jika sudah selesai, kamu boleh menyalinnya kembali ke flashdisk,

  • Hindari medan magnetik Benda elektronik di sekitar kita yang memiliki medan magnet cukup kuat antara lain kipas angin, televisi, pengeras suara, dan home theatre,
  • Medan magnet, meski tak banyak, tetap dapat berdampak pada komponen flashdisk,
  • Jika ini terjadi terus menerus, akan lebih cepat rusak dari umur yang seharusnya.

Ayo, lindungi kamu! (Msu/Why) : 3 Tips untuk Memperpanjang Umur Flashdisk

Mengapa Sebelum melepas flashdisk harus di eject terlebih dahulu?

Bahaya Mencabut Flashdisk tanpa Eject – Sebenarnya, bahaya atau tidaknya mencabut flashdisk tanpa proses eject ini bergantung pada proses apa yang sedang Anda lakukan saat itu. Jika Anda sedang mengota-atik isi flashdisk lalu tiba-tiba langsung mencabutnya, hal ini bisa membuat data di flashdisk menjadi rusak atau corrupted,

Maka dari itu, sangat disarankan untuk eject flashdisk sebelum mencabutnya. Di desktop, ada dua pilihan untuk menghentikan proses membaca flashdisk, yaitu Eject dan Safely remove, Kedua menu itu memiliki fungsi yang sama yaitu melepaskan perangkat yang terhubung USB dengan aman sehingga mengurangi risiko kerusakan data.

You might be interested:  How Do I Win On Slot Machines?

Melalui proses itu, data akan kembali menjadi file RAW. Pilihan Safely Remove dapat ditemukan di pojok kanan bawah layar komputer. Pada saat menggunakan menu ini, proses copy-write data akan sepenuhnya berhenti dan koneksi dengan flashdisk juga terputus sehingga dinilai lebih aman.

  1. Sementara menu eject dapat ditemukan jika Anda mengeklik kanan pada drive yang akan Anda putuskan koneksinya.
  2. Jika sistem operasi tidak bisa membaca flashdisk, salah satu pilihan yang dianjurkan adalah format ulang flashdisk karena file di dalamnya tak terbaca.
  3. Bila file di dalam flashdisk sangat penting, tentu akan merepotkan, bukan? Maka dari itu, usahakan jangan langsung mencabut flashdisk saat masih digunakan, ya.

: Apa Efek Mencabut Flashdisk tanpa Proses Eject? | ASANI Blog

Kenapa OTG tidak bisa terdeteksi?

Penyebab Masalah USB OTG Tidak Terdeteksi di Smartphone – Sebuah masalah yang terjadi pada smartphone pasti memiliki faktor penyebab. Begitu juga dengan masalah USB OTG tidak terdeteksi di HP Android yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mengetahui penyebab masalah akan membuat kamu lebih mudah dalam menentukan langkah untuk memperbaikinya.

Kabel OTG yang mengalamai kerusakan. Interface USB atau OTG yang bermasalah. Flashdisk yang sudah tidak berfungsi. Ada software pada ponsel yang mengalami bug. Versi Android yang belum bisa mendukung OTG. Merk falshdisk tertentu yang tidak bisa dibaca. Ponsel yang belum dilengkapi fitur USB OTG.

Apa bedanya flash disk dan flash drive?

Flash Drive ya, Bukan Flashdisk – Berdasarkan penjelasan diatas, maka saya setuju untuk menyebutnya flash drive. Secara ringkas, flashdisk tidak memiliki piringan magnet yang harus dibaca dengan head seperti fungsi harddisk maupun optical disc, karena flash drive ini hanya dibuat dari chip memory bukan piringan. Jadi, flash drive yaa, bukan flashdisk. Semoga bermanfaat.

USB Driver Untuk apa?

Android USB Drivers berfungsi sebagai perangkat lunak (software) yang berperan untuk menghubungkan perangkat Android ke PC atau laptop menggunakan kabel USB agar bisa berkomunikasi dengan baik. Biasanya proses ini dilakukan saat ingin melakukan root, memasang TWRP hingga meng- install custom ROM di HP Android.

  • Sebenarnya masing-masing vendor HP memiliki USB Drivers-nya sendiri yang biasanya tersedia saat pengguna menghubungkan HP Android ke PC atau laptop, akan muncul Drive baru di Windows Explorer,
  • Selain itu, kamu juga bisa menggunakan drivers yang saya sediakan di sini, yaitu Android USB Driver Universal,

Artinya bisa digunakan hampir pada seluruh perangkat Android. Bagaimana cara install -nya, simak artikel berikut.

Apakah flashdisk palsu berbahaya?

Jenis-jenis memory card – Pastikan kamu membeli memory card yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Dalam hal ini maksudnya yaitu device gadget yang kamu gunakan, misalnya smartphone, PC/Laptop juga kamera. Biasanya memory card yang bagus untuk kapasitas 2GB atau kurang adalah jenis SD Card. Contoh tampilan memory card dan flashdisk palsu | Sumber : hastag campus – wellcomshop

Harga barang dari merk terkenal tidak normal Seperti yang kita ketahui, ada banyak merk terkenal yang memproduksi memory card dan juga flashdisk misalnya SanDisk, Kingston hingga Samsung. Biasanya nama merk-merk ini lah yang digunakan sebagai salah satu trik pemalsuan. So, kalau harga yang ditawarkan ke kamu jauh lebih murah dari biasanya, kamu patut curiga bahwa itu adalah memory card palsu atau flashdisk palsu. Kemasan mencurigakan Hal yang bisa dilihat dengan mata pada awal pembelian yaitu kemasan. Perhatikan kemasan memory card dengan teliti, apabila tidak tertera info total kapasitas pada kemasan, biasanya kemasan itu dicetak sendiri untuk memory card palsu. Untuk flashdisk sendiri, dari kemasan kamu bisa memperhatikan stiker garansi hologram. Bila tidak ada stikernya atau stikernya tidak mengkilap maka bisa dicurigai itu adalah flashdisk palsu. Kadang sering juga dijumpai yang kapasitasnya ditulis menggunakan spidol, mencurigakan banget kan! Namun hal ini juga tidak menjamin apabila pihak pemalsu sudah mengetahuinya, bisa saja dia mencetak kemasan sedemikian rupa seperti aslinya.

Contoh kemasan flashdisk palsu dari merek Sandisk yang mencurigakan

Nomor UPC dan GS tidak terdaftar Khusus memory card, kamu bisa perhatikan juga nomor yang tertera di kemasan, banyak UPC dalam barcode yang asal cetak. Tampilan memory dan flashdisk palsu aneh Masih dari segi tampilan, m emory card asli biasanya memiliki cetakan tulisan yang jelas. Nah, jika memory card yang hendak kamu beli tidak jelas atau buram tidak seperti biasanya maka dipastikan itu memory card palsu. Kalau flashdisk, kamu bisa lihat bentuk ujungnya, apabila lekukan mengarah ke kiri maka flashdisk bisa dikatakan asli, namun bila lekukan mengarah ke kanan maka bisa dipastikan itu flashdisk palsu. Warna di sisi memory card tidak sama Jika kamu perhatikan dengan seksama, warna lempengan memory card biasanya menyatu. Apabila kamu menemukan memory card yang dijual dengan merk tertentu namun warna sisinya berbeda, patut dicurigai juga bahwa itu merupakan memory card palsu. Masalah transfer file pada memory card dan flashdisk palsu Namanya aja produk palsu, tentu performa yang kita peroleh tidak sesuai spesifikasi dalam promosi. Kamu pasti pernah kebingungan karena memory card hp atau memory card kamera kamu tidak dapat diisi sesuai kapasitas tertera. Ketika kamu hendak membuka file yang tersimpan namun tidak lancar atau banyak file rusak, fix itu memory card palsu. Dalam hal ini juga dapat menjadi tanda flashdisk palsu, apabila flashdisk kamu tidak memiliki kecepatan transfer file seperti rata-rata, maka patut dicurigai bahwa itu adalah flashdisk palsu. Bukan hanya itu, flashdisk palsu biasanya susah terdeteksi oleh komputer ataupun laptop. File overwrite Selain file corrupt, file lama hilang juga bisa jadi tanda bahwa memory card atau flashdisk kamu palsu. Menyimpan data di device dengan kapasitas palsu ini bisa sangat berbahaya loh apalagi untuk file-file penting. Karena jika sudah penuh, data baru yang kamu simpan akan otomatis menghapus file ada sebelumnya.

You might be interested:  How Do You Know When A Slot Machine Will Hit?

Semakin lama pemalsu akan terus mencoba mengelabui kamu dengan berbagai trik. Pasar memory card hp sangat besar, khususnya saat semakin banyak smartphone. Untuk lebih meyakinkan kamu akan memory card hp yang kamu punya asli atau palsu, kamu bisa gunakan aplikasi di smartphone yang bisa memberimu informasi apakah memory card milik kamu asli/palsu.

Format flashdisk apakah data hilang?

Kesimpulan – Apa pun jenis perangkat penyimpanan yang kita gunakan, keamanan data harus menjadi prioritas utama. Itulah mengapa kita perlu membahas tentang cara memformat flash disk tanpa kehilangan data. Seperti yang kita semua tahu, memformat USB flash disk pasti akan menyebabkan masalah kehilangan data.

  1. Anda memiliki dua solusi untuk memformat USB flash disk tanpa kehilangan data: 1.
  2. Gunakan EaseUS Data Recovery Wizard untuk memulihkan data dari USB flash disk, lalu format USB fash disk tanpa kehilangan data. 按钮标记 2.
  3. Gunakan layanan pemulihan data manual EaseUS untuk memperbaiki RAW, atau USB flash disk yang rusak tanpa pemformatan.

File di kartu SD pun akan tetap utuh.

Kenapa Windows tidak bisa mengakses flashdisk?

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca Di Windows 10 – Sebelum anda mulai mengatasi atau memperbaiki masalah flashdisk tidak terbaca di Windows 10, alangkah lebih baik jika anda harus mengetahui terlebih dahulu apa saja sih penyebab dari flashdisk tidak terbaca di Windows 10. Dengan mengetahui penyebab flashdisk tidak terbaca di Windows 10 tentu saja anda bisa lebih mudah dalam memperbaikinya, sebab anda sudah tahu kira-kira apa yang menjadi penyebab dari flashdisk tidak terbaca di Windows 10.

Driver USB yang bermasalah, entah itu tidak terinstall atau rusak. Sistem operasi yang belum diupdate sehingga menimbulkan masalah yang terjadi pada hard drive dan juga sistem di Windows 10 Terdapat kerusakan pada software atau hardware di komputer. USB Controller yang rusak atau tidak stabil. Drive eksternal mengalami masalah. Motherboard komputer yang bermasalah.

Nah itu adalah beberapa penyebab dari flashdisk tidak terbaca di Windows 10. Silahkan coba anda perhatikan apakah kira-kira yang menjadi masalah pada komputer atau flashdisk anda sehingga menyebabkan flashdisk tidak terbaca di Windows 10.

Apa bedanya flash disk dan flash drive?

Flash Drive ya, Bukan Flashdisk – Berdasarkan penjelasan diatas, maka saya setuju untuk menyebutnya flash drive. Secara ringkas, flashdisk tidak memiliki piringan magnet yang harus dibaca dengan head seperti fungsi harddisk maupun optical disc, karena flash drive ini hanya dibuat dari chip memory bukan piringan. Jadi, flash drive yaa, bukan flashdisk. Semoga bermanfaat.

Kenapa OTG tidak bisa terdeteksi?

Penyebab Masalah USB OTG Tidak Terdeteksi di Smartphone – Sebuah masalah yang terjadi pada smartphone pasti memiliki faktor penyebab. Begitu juga dengan masalah USB OTG tidak terdeteksi di HP Android yang disebabkan oleh berbagai macam faktor. Mengetahui penyebab masalah akan membuat kamu lebih mudah dalam menentukan langkah untuk memperbaikinya.

Kabel OTG yang mengalamai kerusakan. Interface USB atau OTG yang bermasalah. Flashdisk yang sudah tidak berfungsi. Ada software pada ponsel yang mengalami bug. Versi Android yang belum bisa mendukung OTG. Merk falshdisk tertentu yang tidak bisa dibaca. Ponsel yang belum dilengkapi fitur USB OTG.

Apakah flash disk bisa virus?

Rabu, 29 Jun 2022 10:48 WIB Ilustrasi. Ketika flashdisk terserang virus ini, Anda bisa mengetahuinya dari ciri-cirinya dan lakukan cara memperbaiki flashdisk terkena virus shortcut. (jackmac34/Pixabay), CNN Indonesia – Semakin berkembangnya teknologi, terutama pada komputer dan laptop, virus yang bisa menginfeksi perangkat tersebut pun kian semakin banyak dan beragam.

Virus tak cuma menyerang komputer ataupun laptop, tapi juga flashdisk. Salah satu virus yang kerap ditemukan pada flashdisk adalah virus shortcut. Anda bisa mengenalinya dari ciri-ciri dan segera melakukan cara memperbaiki flashdisk terkena virus shortcut. Umumnya, flashdisk yang terkena virus berasal dari perangkat laptop atau komputer yang telah bervirus kemudian menularinya.

Jika Anda mendapatkan virus ini pada flashdisk, besar kemungkinan Anda sebelumnya menghubungkan flashdisk ini ke laptop atau komputer yang terkena virus dan tidak melakukan eject. Tentu saja hal ini dapat mengkhawatirkan, terlebih jika terdapat banyak data penting yang terdapat pada flashdisk Anda yang terkena virus shortcut ini.